Keindahan Kain Tenun Khas Tolaki Kendari

KEINDAHAN dan PESONA KAIN TENUN SUKU TOLAKI KENDARI

Provinsi Sulawesi Tenggara sangatlah Indah, dan memiliki budaya dan adat istiadat yang unik. Selain tempat wisata yang mempesona, laut dan pantai Wakatobi yg sudah mendunia. kuliner yang enak-enak. Jambu metenya yang gurih. Provinsi Sulawesi Tenggara  juga memiliki Kain Tenun yang beragam dari berbagai kabupaten yang ada di Sultra.

Salah satu kain tenun  yang dimiliki SulTra adalah Kain tenun Tolaki dari daerah asal saya yaitu Kendari Sulawesi Tenggara.


Pada masa kerajaan Kain Tenun Tolaki biasa dijadikan busana para raja dan keturunan bangsawan dari suku Tolaki. Suku ini adalah salah satu suku yang ada di Kendari, Sulawesi Tenggara.



Seiring berkembangnya Zaman. Saat ini kain Tenun Tolaki sudah bisa dimiliki dan dipakai oleh semua warga Kendari. Dan sarungnya pun sudah banyak dijual di pasar, Toko kain, Toko Cinderamata dan pakaian

Suku asli Tolaki sangat suka memakai sarung baik itu lelaki maupun perempuan. Menjadikan kain tenun Tolaki sering dijadikan sarung. Mengikuti kebiasaan Warga Kendari itu Sendiri. Namun ada juga yang masih berbentuk sehelai kain.

Sekarang ini Kain Tenun Tolaki juga dijadikan busana wajib pada acara-acara budaya, juga menjadi busana wajib pemerintah di beberapa kabupaten yaitu:
- Kabupaten Kendari
- Kabupaten Konawe
- Konawe Selatan
- Bombana

Nenek saya dulu sering bercerita bahwa suku Tolaki harus memiliki Sarung Tenun emas di dalam lemarinya. Dan sarung ini juga sering menjadi hantaran dan sebagai salah satu syarat ketika seorang lelaki meminang seorang wanita untuk dijadikan Istrinya.

Ciri khas Tenun Tolaki terdiri dari  motif dari berbagai tumbuhan, dedaunan rotan dengan dipadukan dengan warnah cerah seprti Orange, Hijau, Kuning, Merah dll.

Sebagai orang Asli Suku Tolaki besar harapan saya agar kain tenun ini bisa dikembangkan dan dilestarikan kemudian di kenalkan kepada kota lain di Indonesia bahkan sampai kedunia Internasional.

#SAHABATGOLD
#KisahIstimewahSAHABAT
#PesonaIndonesia

Sumber Photo.
TenunTolaki.blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bersiap Dengan Keadaan New Normal Bersama Mombassador SGM Eksplor dan Anak Generasi Maju

Wisata Eco Kuliner Favorit Di Kendari